KIAT-KIAT PERSIAPAN MENGHADAPI SIDANG SKRIPSI (SKRIPSI …. OH …. SKRIPSI 2)


Ini adalah tulisan saya, kelanjutan tulisan sebelumnya, kalau belum membaca tulisan sebelumnya, sebaiknya anda baca, pasti berguna (SKRIPSI …. OH …. SKRIPSI)

Kalau anda adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang persiapan menghadapi sidang skripsi, berdasarkan pengalaman, mayoritas mahasiswa akan terjangkit penyakit syndrome penyakit sidangisme. Tak perlu dipungkiri, kebanyakan akan mengalami hal seperti itu. Gejala penyakit ini adalah : stress mikirin hari H yang semakin dekat, gugup, tegang, panik (bahkan kadang berakibat fatal, secara tidak sengaja merusak data-data yang diperlukan untuk acara sidang). Kalau sudah diruangan sidang, kaki bergetar gak karu-karuan serasa dengkul mau copot, mulut gak terkontrol serasa gak ada kalimat yang bisa dikeluarkan, semua hafalan materi dirumah serasa hilang semua, dada bergetar begitu kencang serasa mau meledak, tenggorokan terasa kering – maunya minum terus. Serasa diri ini berhadapan dengan monster yang menakutkan.

Gak segitunya kale, jika kita sudah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk persiapan menhadapi sidang skripsi. Saya sendiri dulu waktu mau menghadapi sidang skripsi mengalami hal kayak gitu, tapi dengan berbagai persiapan, alhamdulillah bisa saya lewati dengan baik dan lebih bersyukur lagi karena dinyatakan lulus dengan predikat SANGAT MEMUASKAN (4 tahun, tapi ipk baru sampai 3.63, kurang 0.04 baru jadi cumlaude).

Nah, ini dia tips-tips yang bisa kita lakukan untuk persiapan menghadapi siding skripsi, saya rangkum dari pengalaman pribadi saya dan beberapa pegalaman mahasiswa yang pernah saya bombing :

1. Kuasai masalah dalam skripsi

Ini mutlak anda lakukan. Bagaimana anda bisa mempertahankan hasil penelitian anda ketika diuji oleh dosen penguji sedangkan anda sendiri tidak mengetahui masalah. Mungkin penelitian anda bagus, tapi jika anda tidak mengetahui masalah dengan baik, bisa jadi akan menjatuhkan anda sendiri ketika siding. Lalu apakah dengan mencari topik yang sekiranya tidak dipahami betul oleh dosen penguji akan menjamin kelancaran sidang ? Oh tunggu dulu. Jika anda sendiri tidak bisa menjelaskan dengan baik, bagaimana dosen penguji bisa mengikuti penjelasan hasil penelitian anda ?. Jadi kuasailah permasalahan dalam skripsi dengan baik, minimal anda paham permasalah dan penyelesaiannya secara sistematis.

2. Persiapkan semua referensi

Apa yang anda katakan, anda gunakan sebagai panduan (acuan) dalam penelitian harus punya dasar, tidak boleh asal, tidak boleh suka-suka. Misalnya jika anda mengatakan bahwa batas toleransi inkonsisten dalam metode AHP adalah 10%, maka angka 10% ini ada berdasar dari referensi siapa ? Siapa yang mencetuskan pertama kali ? Mana buktinya ? Nah jika sudah begitu, jika anda tidak tahu atau lupa dari mana sumbernya ? mati kutu kita. Jadi sebaiknya jika sesuatu patokan atau penjelasan suatu hal harus merujuk pada suatu referensi, bisa dari buku, koran, jurnal, proseding, sumber di internet. Untuk sumber dari internet sebaiknya anda catat kapan tanggal jam akses, karena biasanya halaman-halaman di internet itu sangat dinamis, cepat berubah. Sekarang ada, bisa saja 1 jam lagi sudah tidak ada.

3. Berdo’a

Jangan lupa untuk memohon kepada Tuhan YME. Hanya dia yang dapa menolong anda, memberikan kesehatan sehingga bisa melaksanakan, memberikan kelancaran jalan, dsb. Minta juga do’a pada orang tua (jika masih ada), karena doa orang tua (terutama ibu) sangat ijabah, dan didengarkan oleh Tuhan YME.

4. Tetap tenang, santai, konsentrasi

Usahakan pada hari-hari menjelang sidang, jangan sampai panik, kepikiran, usahakan tetap rileks denan menyegarkan pikiran, baik jalan-jalan, shopping, bercanda sama teman, agar pikiran tidak focus terus pada sidang skripsi. Tetapi anda juga harus tetap berkonsentrasi belajar untuk persiapan.

5. Jaga kesehatan

Jika terlalu banyak pikiran, panic stress, bisa mengganggu kesehatan anda, sehingga ketika datang hari H sidang anda malah jatuh sakit. Hal ini jangan sampai terjadi. Satu malam menjelang hari H, usahakan cukup tidur, agak besoknya ketika sidang tidak mengantuk, capek, loyo. Usahakan kondisi kesehatan dalam keadaan prima dan siap semuanya.

6. Perhatikan penampilan

Kesan pertama begitu menggoda… AHA….. ada benarnya juga. Jika kita tampil menarik (sopan, rapi) maka orang lain yang melihat juga senang, gak mengerutkan dahi dan smpek melihat penampilan kita. Kalau bajunya lusuh, ya bisa disetrika dulu sebelum digunakan. Wajah usahan segar, jangan terlihat layu, kumus-kumus (kecuali kalau default wajahnya sudah kayak gitu hehe …. :D). Gunakan powerpoint untuk memperesentasikan skripsi anda agar penguji enak menikmati persentasi anda. Tapi jangan terlalu lama dalam melakukan persentasi, biasanya waktu yang diberikan untuk persentasi sekitar 10-15 menit. Gunakan sebaik mungkin, sampaikan hal-hal yang penting-penting saja.

7. Pelajari karakteristik dosen penguji

Biasanya sebelum pelaksanaan sidang, kita dikasih tahu siapa pengujinya. Nah, gunakan waktu sebelu sidang untuk mencari tahu bagaimana karakteristik dosen penguji tersebut ketika sidang. Coba bertanya pada kakak-kakak kelas yang sudah melaksanakan sidang sebelumnya. Biasanya ada dosen yang nanyanya detail sekali, sampai kata-perkata. Ada yang minta referensi, harus jelas dari amna sumbernya. Ada yang lebih focus pada masalah dan latar belakan topik yang diangkat. Ada yang nanya hanya untuk penjelasan saja. Jangan pernah menjawab bisa pada suatu pertanyaan, jika anda belum membuktikan bahwa hal tersebut bisa dilakukan. Ya beruntung jika ketemu sama dosen penguji yang kebetulan topik skripsi anda bukan fokus keilmuannya, tapi kemungkinan seperti itu sangat kecil. Jadi sebaiknya persiapkan segalanya dengan baik.

Demikian sedikit tip-tips yang bisa digunakan sebagai kiat sukses melaksanakan sidang skripsi. Semoga bermanfaat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: