TIPS MUDAH TIDUR ALA PAK EK


Seringkali kita merasa susah tidur ketika sudah beranjak ke tempat tidur, niatnya mau tidur, tapi mata ini susah untuk tertidur meski sudah dipejamkan dalam waktu yang lama. Bukan hanya anda, saya sendiri pernah mengalami susah tidur bahkan tidak bisa tidur sampai subuh, dan itu berlangsung hingga 2 malam. Setelah saya evaluasi mengapa saya susah tidur, ternyata ada beberapa factor yang menyebabkan saya susah tidur. Mungkin anda juga mengalami hal yang sama dengan saya atau sebagian dari yang saya alami juga anda alami saat ini. Nah, panyakit suusah tidur itu Alhamdulillah kini sudah jarang sekali saya alami, hanya pada saat-saat tertentu saja saya mengalami susah tidur dikarenakan suatu hal yang sangat mengganggu pikiran saya. Kini Alhamdulillah saya mudah untuk tertidur disaat jam istirahat harus saya lakukan.

1. Biasakan untuk tidur pada jam yang teratur.

Kebiasaan tidur secara teratur pada jam-jam tertentu akan membuat siklus metabolisme tubuh kita menjadi baik, sehingga pada jam tersebut jika tidak kita tidurkan akan membuat mata menjadi mengantuk. Kebiasaan tidur secara teratur akan membuat kesehatan menjadi stabil. Hal ini berbeda dengan orang yang bekerja secara shift, kebiasaan tidur menjadi tidak teratur, karena pada saat bekerja disiang hari akan tidur pada malam hari, ketika bekerja dimalam hari akan tidur pada siang hari. Hal ini akan berakibat pada kesehatan, karema bekerja dimalam hari membutuhkan tenaga yang ekstra besar dibanding disiang hari. Bagi yang bekerja secara shift, maka sebaiknya melakukan tidur walaupun cuma 1 jam di siang hari ketika bekerja disiang hari dan tidur 1 jam dimalam hari ketika bekerja disiang hari.

2. Buang segala persoalan dunia, bersihkan pikiran dari segala masalah yang mengganjal

Setiap manusia mempunyai bermacam-macam persoalan terutama ditempat kerja, baik itu bentrok dengan sesama pekerja, bos yang suka marah-marah, dagangan susah lakunya, usaha yang dirintis tidak juga berkembang, iri dengan tetangga yang membeli barang baru dan sebagainya. Semua persoalan itu sering menjadi beban di pikiran dan terbawa saat beranjak tidur. Pikiran akan terus terbawa dengan persoalan-persoalan, sehingga meskipun mata terpejam, pikiran melayang dan berkecamuk. Ini akan membuat anda susah tidur, bahkan kalaupun tertidur sering terbawa kedalam mimpi. Untuk itu, sebaiknya lupakan semua persoalan hidup didunia, tenangkan pikiran (bukan mengosongkan pikiran) dan tidurkan diri anda dengan tenang. Disaat bangun, badan akan terasa segar dan bugar. Insya Allah.

3. Hindarkan suara televisi dari tempat anda tidur

Jangan lupa bahwa pikiran kita itu sering terpengaruh oleh suara-suara yang kita dengan, sehingga jika anda tidur didepan televisi, maka sebaiknya matikan saja televisinya ketika berniat tidur, selain hemat listrik, suara televisi dapat mempengaruhi pikiran, memecahkan konsentrasi anda untuk berangkat tidur. Jadi sebaiknya matikan televisi meskipun terkadang anda bisa tertidur saat nonton televisi.

4. Jika anda tipikal senang tidur sambil mendengarkan music, maka gunakan music yang slow dan suara yang rendah

Hanya sebagian orang saja yang mempunyai kebiasaan suka tidur sambil mendengarkan suara musik atau lagu-lagu tertentu. Jika ini adalah kebiasaan anda maka sebaiknya putar lagu-lagu yang slow dengan intensitas suara yang rendah, agar suaranya tidak mengganggu orang-orang sekitar.

5. Jangan lupa selalu berdo’a sebelum tidur

Disaat kita tidur, sebenarnya ada satu ruh dalam diri kita yang keluar meninggalkan jasad kita. Maka tidak salah bahwa tidur itu sangat dekat dengan kematian. Mungkin anda pernah mendengar ada orang yang meninggal disaat tidur. Apapun spekulasi penyebabnya yang dibicarakan orang, hal itu sudah kehendak Tuhan dan sebaiknya kita berdo’a sebelum tidur, menurut agama/kepercayaan masing-masing.

6. Tidur dengan posisi yang dicontohkan Rasulallah

Rasulallah tidur dengan posisi miring kekanan dan memakai telapak tangan kanannya untuk bantal kepala. Tidak wajib seh, tapi itu posisi yang tidak jelek untuk tidur, walaupun saran dokter bahwa posisi tidur yang baik adalah tertelentang. Jika terbiasa tidur dengan bantal, ya gunakan saja bantal untuk ganjal kepala.

7. Usahakan tidur disiang hari

Rasulallah selalu tidur sekitar 1 jam disiang hari, sehingga malamnya banyak waktu yang beliau gunakan untuk sholat malam menghadap sang Kholiq. Ternyata benar kata Rasulallah bahwa tidur di siang hari 1 jam setara dengan tidur 3 jam disiang hari. Itulah yang kini mulai diterapkan perusahaan bahwa jika karyawannya tidur pada saat jam istirahat maka produktivitas pada saat kerja setelah jam istirahat lebih baik daripada yang tidak beristirahat. Tidak perlu dipaksakan jika tidak ada waktu tidur disiang hari, tapi akn lebih baik jika tidur sekitar 1 jam disiang hari. Hal ini juga baik dilakukan bagi yang sering berkerja hingga larus malam agar jam tidur dimalam hari tidak berkurang.

8. Hindari obat untuk membuat tidur

Jangan pernah coba-coba menggunakan obat tidur disaat susah tidur, karena jika hal itu berlangsung lama maka anda akan tergantung pada obat tidur itu untuk bisa tidur. Selain berbahaya karena bahan kimia akan masuk dalam tubuh, maka disaat tidak ada obat tersebut anda akan mengalami tidak bisa tidur, dan itu sangat menyiksa.

9. Hindari kebiasan tidur terlalu malam kecuali hal-hal tertentu

Kebiasaan tidur malam akan menyebabkan turunnya tekanan darah dan kesehatan akan terganggu, bdan terasa capek dan lemas disiang hari. Jika diteruskan anda akan jatuh sakit karena tidak seimbangnya kerja yang dilakukan organ tubuh anda dengan istirahat yang diperlukan. Tubuh kita seperti halnya mesin yang digunakan untuk bekerja, bisa mengalami mogok, sakit, turun mesin jika terlalu diporsir untuk bekerja.

10. Jangan menggunakan pakaian yang ketat

Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar disaat tidur, hal ini dimaksudkan agar pori-pori kulit kita bisa bernafas dan berganti udara yang segar. Jangan tidur sambil menggunakan sepatu yang menempel, ini kebiasaan yang kurang baik.

Semoga 10 tips diatas berguna bagi anda dan bermanfaat, sehingga penyakit sudah tidur dapat anda hindari, sehingga dapat tidur dengan mudah dan merasakan nikmat Allah SWT. dengan tertidur pulas hingga saat terbangun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: