ELITISME PADA ALGORITMA GENETIKA


Setelah berdiskusi dengan teman kuliah Pak I Wayan Budi Sentana pada 1 Pebruari 2011 kemarin yang membahas algoritma genetika, ada sebuah oleh-oleh yang saya dapatkan yaitu elitism. Hmmmm…. Saya pernah membaca disebuah buku mengenai itu, tapi saya lupa judul bukunya apa. Tapi saya pribadi dapat menyimpulkan sementara bahwa elitisme mempunyai mekanisme yang mirip dengan seleksi. Dimana seleksi melakukan pemilihan individu-individu dengan metode-metode tertentu sejumlah keinginan, sedangkan elitism memilih 1 atau 2 individu terbaik.

Lalu apa yang membedakannya ? Nah inilah bedanya : Kalau individu-individu hasil seleksi akan diproses lanjut dengan crossover dan mutasi, sedangkan individu hasil elitism tidak diperlakukan apa-apa, dalam arti dibiarkan saja untuk dijaga sebagai individu dengan kromosom terbaik. Hal ini sangat berpengaruh pada nilai fitness individu terbaik jika tidak menggunakan elitisme dan tidak menggunakan elitisme. Pengalaman yang saya lakukan, tanpa menggunakan elitism, nilai fitness individu terbaik cenderung naik pada tiap generasi tetapi nilai pada tiap generasi selalu naik turun, sedangkan jumlah generasi yang digunakan juga tinggi/banyak. Jika menggunakan elitisme, nilai fitness individu terbaik selalu terjaga dan nilainya cenderung naik terus, jumlah generasi yang dipakai untuk mendapat individu terbaik yang diinginkan juga lebih sedikit.

6 Responses to ELITISME PADA ALGORITMA GENETIKA

  1. Budi Sentana says:

    hahahh…. ternyata Pak Eko bisa menjelaskan lebih baik dalam bentuk tulisan…. kalo saya susah nulisnya pak…hahha

    • prasetyo2008 says:

      Hehe..😀 gak juga pak Budi. Kan inspirasinya dari Bapak, sehingga bisa saya dokumentasikan, agar berguna bagi kita semua.

  2. deks says:

    terimakasih informasinya, sangat bermanfaat dalam penyusunan tugas akhir saya. karena saya juga masih agak bingung dengan penerapan algoritma genetika dalam tugas akhir saya.
    jika dari tulisan di atas, artinya jika kita memilih metode pemilihan kromosom dengan etilism, kita tidak perlu melakukan crossover atau mutasi dan tinggal memilih kromosom dengan fitness terbaik untuk menjadi individu pada populasi baru?
    terimakasih.

    • prasetyo2008 says:

      Deks, begini penjelasannya…..
      Elitisme adalah kasus khusus dalam metode seleksi yang digunakan, metode seleksi apapun yang digunakan (turnamen,roulete wheel, dsb) perlu digabungkan dengan elitisme. Kromosom yang lolos seleksi WAJIB melewati proses crossover dan mutasi (walaupun tidak juga tidak apa2 tetapi akan memerlukan proses generasi yang sangat panjang) untuk melakukan evolusi kromosom sebuah generasi, sehingga dengan crossover dan mutasi diharapkan kromosom akan menjadi semakin baik (atau bahkan semakin jelek). Jika, kromosom terbaik sebuah generasi tidak dijaga (ikut dicrossover dan mutasi) bisa mengakibatkan nilai fitness kromosom tersebut semakin turun, dan hal ini tidak diharapkan bukan?. Paling tidak, jika kromosom2 selain kromosom terbaik dalam satu generasi tidak ada yang bermutasi menjadi lebih baik, paling tidak masih ada kromosong terbaik yang tidak ikut berubah nilai fitnessnya. Sehingga nilai fitness dari kromosong terbaik dari generasi ke generasi selalu naik atau minimal tetap (tidak pernah mengalami penurunan).
      Semoga menjadi lebih jelas.

      • deks says:

        owh,,yaya…mutasi dan crossover tetap dilakukan untuk mendapatkan generasi yg lebih baik..seleksi dan pemilihan dengan etilisme digunakan untuk mendapatkan kromosom terbaik setiap generasinya, gitu?

      • prasetyo2008 says:

        #deks : Yup…betul sekali, mutasi dan crossover dilakukan untuk mendapatkan generasi baru yang diharapkan akan lebih baik (walaupun bisa juga turun). Sedangkan elitisme untuk menjaga kromosom terbaik agar tidak ikut termutasi pada generasi selanjutnya (karena bisa saja bermutasi menjadi lebih jelek). Selain itu elitisme akan menjadi kromosom terbaik jika pada generasi slanjutnya tidak ada dari kromosom yg bermutasi itu melebihi kromosom terbaik tersebut. Tapi jika ada kromosom bermutasi yg lebih baik dari kroosom terbaik maka kromosom terbaik akan akan digantikan oleh kromosom baru hasil mutasi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: