PROSES PEMBELAJARAN JARINGAN SYARAF TIRUAN


 

Properti penting dalam jaringan syaraf adalah kemampuan jaringan untuk belajar dari lingkungan, dan meningkatkan kinerjanya selama proses pembelajaran. Peningkatan kinerja ini membutuhkan waktu yang lebih dengan beberapa ukuran yang sudah diberikan. Jaringan syaraf mempelajari lingkungannya selama proses interaktif dalam penyesuaian  diterapkan pada bobot synaptic dan level bias. Idealnya, jaringan menjadi lebih paham (pintar) mengenali lingkungannya setelah tiap iterasi proses pelatihan/pembelajaran.

Ada banyak aktivitas yang dikaitkan dengan yang namanya “learning” / pelatihan untuk menyesuaikan definisi yang tepat. Selain itu, proses pelatihan adalah sesuatu yang begitu tampak, yang membuatnya lebih sulit untuk dipahami pada definisi yang tepat. Misalnya, pembelajaran seperti yang dipandang oleh seorang psikolog sangat berbeda dengan pembelajaran di ruang kelas. Definisi jaringan syaraf yang digunakan disino diadaptasi dari Mendel dan McClaren (1970).

Definisi pelatihan/pembelajaran dalam konteks jaringan syaraf :

Pelatihan/pembelajaran adalah proses dimana parameter bebas jaringan syaraf diadaptasi selama proses simulasi oleh lingkungan dimana jaringan ditempatkan. Jenis pelatihan ditentukan oleh cara dimana perubahan parameter membutuhkan tempat.

Definisi proses pelatihan ini mengimpilkasikan urutan kejadian berikut :

  1. Jaringan syaraf distimulus oleh lingkungan
  2. Jaringan syaraf mengalami perubahan pada parameter bebas sebagai hasil dari stimulasi ini
  3. Jaringan syaraf menhasilkan cara baru untuk mengenali lingkungan karena perubahan yang terjadi dalam struktur internal.

Sejumlah aturan yang didefinisikan diatas adalah jawaban masalah pelatihan yang disebut dengan learning algorithm (algoritma pembelajaran). Algoritma pembelajaran berbeda satu sama lain dalam cara penyesuaian bobot synaptic dari neuron yang diformulasikan. Faktor lain yang diperhatikan adalah cara dimana jaringan syaraf (learning machine) dibuat dengan sejumlah interkoneksi neuron, yang berhuubngan dengan lingkungannya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: