SKRIPSI …… OH …… SKRIPSI


Bacalah percakapan saya dengan mahasiswa S1 Teknik Informatika.

Ketika dia semester 2

Saya : Sudah punya bakalan topic skripsi ?

Mhs : Belum pak😀, kan masih semester 2. Masih jauh pak. Saya perlu banyak belajar.

Saya : OK, saya memakluminya.

Ketika dia semester 4

Saya : Gimana ? sudah punya topik ?

Mhs : Tenang saja pak…. Jangan kuatir.

Saya : Mumpung masih semester 4. Mulainya mencari topik-topik yang sekiranya pas dan penting untuk diangkat menjadi skripsi.

Mhs : Iya pak😀 (sambil nyengir)

Ketika dia semester 6

Saya : Sudah ada topik ?

Mhs : Hehehe….😀 belum pak. Masih mencari….

Ketika dia semester 8

Saya : Kok belum juga maju skripsi ?

Mhs : Masih sibuk kerja pak…

Saya : Lho kok bisa ? Kan belum lulus ?

Mhs : Iya kemarin ngelamarnya pakai transkip sementara.

Saya : Lha terus kapan mau menyelesaikan skripsinya ? Mau tak kasih topik ta ?

Mhs : Tidak pak, terima kasih.

Ketika dia semester 10

Saya : Eh, kamu kok belum ngajuin skripsi  ?

Mhs : Masih sibuk kerja pak.

Ketika dia semester 12

Mhs : Pak, kok bapak nggak pernah ke kampus se ? saya cari-cari bapak terus !

Dalam hati saya, perasaan saya setiap hari kerja dan seharian dikampus, paling kadang satu hari gak masuk karena ada kegiatan diluar kampus.

Saya : Lho saya setiap hari dikampus. Kapan dan berapa kali mencari saya ?

Mhs : Kemarin, satu kali…..

Hiyaaah…. Baru satu kali satu cari dosennya, dan gak ketemu, dibilang nggak pernah kekampus…… sabar-sabar……

Usut punya usut, ternyata dia mau ngajuin skripsi, karena perusahaan tempat dia bekerja menuntut ijazah yang dulu dijanjikannya akan ditunjukkan tapi sampai saat itu belum didapatkannya. Ternyata selama ini dia kesulitan dalam menentukan judul/topik skripsi yang akan diambilnya.

Sebenarnya tidak sulit ketika mau memilih topik skripsi yang mau diangkat, terutama dibidang Teknik Informatika. Asalkan kita bisa mengunakan strategi tertentu untuk menyeleksi topik yang cocok, menarik, penting dan juga bermanfaat, tentu saja harus ilmiah. Berdasarkan pengalaman saya, beberapa hal yang penting yang perlu diperhatikan ketika mau memilih topik skripsi :

  1. Banyak membaca literatur

Hal yang malas dilakukan biasanya adalah membaca, padahal dengan banyak membaca buku, literatur2 di internet maupun di jurnal-jurnal penelitian akan banyak membuka wawasan kita dalam memahami ilmu pengetahuan. Internet sebagai perpustakaan dunia dan gudangnya informasi dapat menjadi sumber alternative untuk membuka cakrawala informasi. Membaca biasanya hanya dilakukan ketika kita butuh suatu informasi, sehingga kadang hanya berfokus pada sebuah tujuan informasi tanpa melirik informasi lain yang mungkin bisa menjadi referensi pendukung.

  1. Membaca skripsi-skripsi teman sebelumnya

Penelitian yang sudah dilakukan oleh teman sebelumnya yang sudah dituangkan dalam bentuk skripsi bukan berarti basi dan tidak bisa diangkat lagi. Kasus yang sama yang digunakan oleh teman anda, masih bisa diangkat kembali tentukan dengan metode pendekatan yang berbeda. Hasilnya seharusnya lebih baik atau minimal sama dengan metode sebelumnya. Karena umumnya diharapkan dengan pendekatan yang lain bisa meningkatkan sisi tertentu, baik sumber daya, biaya, keuntungan atau sisi yang lain. Tetapi tidak harus lebih baik atau sama, lebih jelek juga tidak apa-apa, jika memang tujuannya untuk membuktikan bahwa pendekatan yang anda gunakan hipotesisnya adalah lebih jelek.

  1. Mencari referensi dikampus lain

Dengan mencari referensi di tempat lain, diharapkan dapat memperluas cakrawala pengetahuan dan persiapan menjelang pelaksanaan. Dari situ bisa muncul ide-ide baru yang diinspirasi dari kampus yang lain. Tentunya diharapkan dari situ, anda dapat menelaah topik-topik yang pernah diangkat dan dapat menginspirasi anda untuk mengembangkannya.

  1. Berfikir kritis

Nah, bagian ini yang agak sulit, karena harus jeli, tekun, telaten dalam melakukan percobaan kasus atau topik yang mau diteliti. Kerjakan bersama teman, diskusikan bersama, amati setiap perubahan obyek yang diteliti. Lakukan percobaan dan dugaan-dugaan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah.

  1. Konsultasi

Inilah proses yang butuh ketekunan, kesabaran, dan menjadi motor penggerak dan pengendali. Konsultasikan dengan dosen pembimbing jika ada hal-hal yang bersifat teoritis dan anda belum atau perlu memahamiya lebih dalam. Peran dosen pembimbing disini sebagai pengarah agar penelitian anda selalu fokus, tidak melebar kemana-mana, memberikan arahan sesuai tujuan yang ingin anda capai, ya tentunya secara operasional anda yang harus menjalankan. Kadang ketika menemui dosen pembimbing, kita sudah nunggu lama berjam-jam eh beliau belum datang juga. Ya sabar saja, mungkn beliau sedang sibuk, coba hari yang lain, mungkin beliaunya sudah masuk ke kampus kembali. Dan sabar, tekun dalam melaksanakan bimbingan.

  1. Menulis

Menulis adalah hal yang mudah, tapi jika malas, ya tidak akan tertulis. Tetapi jangan asal menulis, karena apa yang tertulis adalah pencerminan jiwa kita. Gunakan tata bahasa yang benar, gunakan EYD dalam menulis. Jangan menggunakan bahasa prokem, bahasa gaul yang tidak jelas artinya. Dan ikuti sitematika penulisan skripsi yang benar.

  1. Estimasi waktu

Hal yang tidak kalah penting adalah estimasi waktu penyelesaian. Jika anda mengajukan proposal skripsi pada saat 2 bulan menjelang batas terakhir sidang maka anda sudah terlambat. Jika kita hitung mundur. Dimulai pada bulan Juli akhir (batas akhir siding di semester genap/8). Biasanya batas akhir penyerahan berkas siding adalah 2 minggu menjelang batas akhir pendaftaran siding, masa bimbingan skripsi biasanya paling cepat 2-4 bulan, ambillah 4 bulan. Berarti ujian proposal paling lambat harus terlaksana pada pertengahan maret. Masa bimbingan proposal biasanya sekitar 2 bulan, berarti skripsi harus start pada sekitar bulan januari. Apalagi jika waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan topik biaanya lama, bisa 1 bulan, 2 bulan, 6 bulan, bahkan 1 tahun. Itu artinya sebaiknay dimulai sejak dini, sekitar semester 6 sudah harus memulai mencari topik skripsi yang tepat.

Jika kita dapat melaksanakan langkah-langkah diatas dengan baik, insya Allah kita dapat melaksanakan skripsi kita dengan baik. Selesai tepat waktu, dan lulus dengan predikat yang kita inginkan.

4 Responses to SKRIPSI …… OH …… SKRIPSI

  1. machmud says:

    Assalamiuallaikum.

    Benar sekali yang di tulis Pak Oke..
    saya telah membuktikan sendiri, kalo awal semester harus cari2 judul, meski itu hanya wacana…..
    Trima kasih pak atas bimbingan awal semester dolo ( TIF masih dalam jaman jadul, maksudnya inetnya..)

    xixixixi..

    • prasetyo2008 says:

      #machmud :
      Waalaikum salam…..(assalamualaikum kale……. bukan assalamiuallaikum)

      Iya, jadi inget sama kamu masalah skripsi itu…. hehe….😀 ya semoga teman2 kamu yang lain juga bisa mengambil hikmah dari pengalamanmu. Bagi-bagi dong pengalamanmu dalam melaksanakan skripsi kemarin.

      Jaman dulu inet TIF masih njadul ? ya wajar saja, waktu itu kan masih dalam tahap perkembangan hingga saat ini. Syukurlah sekarang sudah banyak kemajuan dan fasilitas yang semakin memadai. Hidup Teknik Informatka…. !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: