MEDIUM ACCESS CONTROL SUB LAYER


Dalam setiap jaringan broadcast, isu kuncinya adalah bagaimana menentukan siapa yang dapat menggunakan saluran ketika ada persaingan untuk mengirimkan paket data. Analoginya seperti panggilan konferensi oleh enam orang pada enam telepon yang berbeda, semuanya terhubung sehingga masing-masing dapat mendengar dan berbicara dengan yang lain. Hal ini ini sangat mungkin bahwa ketika salah satu dari mereka berhenti berbicara, dua atau lebih akan mulai berbicara bersamaan, yang menyebabkan kekacauan. Dalam pertemuan tatap muka, kekacauan dihindari dengan cara eksternal, misalnya pada pertemuan, orang-orang mengangkat tangannya untuk meminta izin untuk berbicara. Ketika hanya satu saluran tersedia, untuk menentukan siapa yang harus menggunakan channel berikutnya adalah jauh lebih sulit. Banyak protokol untuk memecahkan masalah ini.

Protokol yang digunakan untuk menentukan siapa yang berhak berikutnya pada saluran multiaccess milik sublayer dari data link layer disebut MAC (Medium Access Control) sublayer. Sublayer MAC sangat penting dalam LAN, banyak yang menggunakan saluran multiaccess sebagai basis untuk komunikasi. WAN, sebaliknya, menggunakan link point-to-point, kecuali untuk jaringan satelit.

Download file persentasi : Jarkom2011-Medium Access Control Sub Layer   (15 Mei 2011), versi update + tugas datalink + RFC  Jarkom2011-Medium Access Control Sub Layer 2  (22 Mei 2011)

11 Responses to MEDIUM ACCESS CONTROL SUB LAYER

  1. novan says:

    jadi pada intinya MAC Layer adalah sebagai moderator atau pengatur trafic ya pak???
    tapi ada banyak layer di situ,…
    apa nggak rebutan jadi moderator???

    • prasetyo2008 says:

      #novan :
      Setiap layer (ada 7 layer OSI) masing2 mempunyai fokus tugas sendiri2. Misal App layer, tugasnya adalah antarmuka dengan user, tidak ada kaitan dengan error control (tugas data link layer) ataupun pengalamatan (tugas network layer). Sedangkan MAC (sublayer Data link) tugasnya adalah sebagai pengatur penggunaan channel (betul katamu, ibarat polisi pengatur lalu lintas disaat lampu lalulintas padam).
      Kenapa g rebutan ????
      Begini penjelasannya, contoh pada protokol 1-Persisten, masing MAC di setiap mesin dalam jaringan LAN akan mendengarkan channel dulu ketika akan mengirim frame, jika channel dalam kondisi idle maka dia akan mulai mengirim frame, jika kondisi channel sibuk, maka dia akan menunggu sampai channel dalam kondisi idle (saat host yang sedang mengirim frame sudah selesai menggunakan channel).
      Begitu juga protokol yang lain kayak ALOHA,CSMA, COLLISION FREE dan lain2. Masing2 masing ada perbedaan cara pengaturan penggunaan channel dan mempunyai keunggulan sendiri2.
      Bagaimana ? menjadi lebih jelas ?.

  2. novan says:

    pak,… tanya lagi,…
    hehehehee,…
    dalam file presentasi disebutkan :
    “MAC sublayer penting dalam LAN, banyak yang menggunakan chanel multiaccess sebagai basis komunikasi. WAN (sebaliknya) menggunakan link pont-to-point, kecuali untuk jaringan satelit”

    logikanya di jaringan yg besar seperti WAN membutuhkan layer yang “multi” untuk mengangani trafic yg besar juga,…
    sebaliknya “LAN” kan ruang lingkup dan traficny relatif lebih kecil dari WAN. mengapa WAN tidak memakai data link layer MAC???

    maaf kalau salah tanya cz belum faham,…
    hehehhehe,…
    trims pak

    • prasetyo2008 says:

      #novan :
      Pertanyaan yang bagus….. hehe…😀
      “MAC sublayer penting dalam LAN, banyak yang menggunakan chanel multiaccess sebagai basis komunikasi. WAN (sebaliknya) menggunakan link pont-to-point, kecuali untuk jaringan satelit” —- Jawabannya adalah kamu harus ingat bahwa LAN cakupan jaraknya adalah sekitar < 1 Km dimana (dalam jaringan wireless lho ya) banyak user yang terkoneksi bersama ke sebuah Access Point (WAP) sehingga koneksi yang dibuat oleh WAP adalah muliaccess. Sedangkan WAN cakupan jaraknya adalah antar kota. Antar kota yang dimaksud disini adalah (seperti pada jaringan ponsel) misal di saya adalah pengguna jaringan CDMA di area kecamatan Bungah, bagi sesama pengguna CDMA di daerah bungah saya masih dalam jankauan LAN (< 1 Km), tetapi ketika saya berhubungan dengan pengguna CDMA lain di kecamatan Kebomas maka BTS basis saya di Bungah harus melakukan koneksi "point-to-point" ke BTS di daerah Kebomas. Sedangkan jarak antara Bungah-Kebomas adalah sekitar 1 – 15 Km (dalam jangkauan MAN). Begitu penjelasan sederhananya,

      Dan jangan lupa, semua jaringan yang menerapkan basis layer OSI selalu menggunakan MAC untuk pengalamatan fisik. Jadi baik jaringan LAN atau WAN selama masih menggunakan basis OSI akan selalu mempunyai MAC sublayer.

      Dan mengapa pembahasan MAC hanya penting dalam skop LAN saja ? Tidak WAN ? sehingga mengesankan WAN tidak menggunakan MAC. Karena MAC itu pengalamatannya bersifat flat, artinya beda satu bit terkecil, tidak dapat diidentifikasi dua alamat MAC beda satu bit terkecil tersebut berada dalam area lokal (bisa saja alamat MAC punya LAN Card dalam leptopmu dengan LAN Canrd leptop lain yg berbeda satu bit tapi lokasi leptopnya berada di Amerika. g bisa diidentifikasi kan?). Kalau alamat IP sifatnya hierarki sehingga beda satu bit alamat IP pasti dua alamat itu berada dalam area satu LAN. Itulah sebabnya pembahasan MAC dicakupkan dalam area LAN kecil (tidak universal sedunia) walaupun sebenarnya mekanisme pentransmisian frame dari alamat IP sumber (dengan alamat MAC tertentu) akan mencapai tujuan IP tujuan (dengan alamat MAC pula) yg alamat MAC tujuan tidak diketahui oleh host dalam LAN pengirim. Jelas ?

      OK ? menjadi lebih jelas ? Silahkan bertanya lagi jika belum jelas. Monggo.

  3. novan says:

    tny lg,
    pak, MAC Address bisa dirubah nggak???

    soalny pernah baca klo MAC addrs bs dirubah. tp nggk mudeng caranya(ato sy yg kliru bacanya??)

    • prasetyo2008 says:

      #novan :
      Sebenarnya alamat MAC ditanamkan hanya satu kali saja. Ini dlakukan oleh vendor ketika pemroduksian perangkat jaringan (baca : NIC) tersebut. Tapi ada beberapa vendor (saya tidak tahu persis vendor yg mana) yang membolehkan perubahan pada alamat MAC, karena perubahan alamat MAC dapat berakibat ambigu ketika dalam jaringan LAN (dengan dua perangkat mempunyai alamat MAC yg sama) sehingga berakibat perangkat yang kembar alamat MAC nya tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan. Makanya hal seperti ini (perubahan alamat MAC) tidak disarankan karena merugikan diri sendiri (tapi ya gak tahu juga jika ada maksud lain yang menguntungkan dengan perubahan ini).
      Biasanya ada software tertentu yang bisa malakukan perubahan MAC, saya dulu pernah coba2 mengubah alamat MAC, tapi tidak berhasil hehe….:D
      Atau kamu ada pendapat lain ?

      Ada pertanyaan lagi ?, monggo ditanyakan, biar teman lain yang baca halaman ini bisa menerima share kita.

      • novan says:

        hehehehhe,…
        Iseng2 dulu pernah baca klo MAC Addrss yang ada di netcard itu bisa dirubah,…. tapi memang terlalu rumit (buat saya). kalo nggak salah, buat mnjebol password Wifi,..

        jadi enak kalo gini,… ada yang bisa di ajak share,…
        thanks pak,….

  4. Dzack says:

    mau tanya mas,, kalo Media akses control sama Medium akses control itu beda atau sama ya?

    • Eko Prasetyo says:

      Mbak Dzack,
      Pada beberapa referensi buku, istilah “Medium Access Control” dan “Media Access Control” memang mengacu pada maksud yang sama dalam konteks layer Jaringan Komputer, yaitu sublayer dari Data Link Layer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: