Wireless 802.11ad – Teknologi wireless LAN masa depan


Wi-Fi Alliance dan WiGig Alliance telah sepakat untuk bekerja sama dalam teknologi untuk jaringan pada pita 60 GHz. Pengumuman ini ditetapkan pada tanggal 10 Mei 2010.

Pita frekuensi 60 GHz juga dikenal sebagai band milimeter pada panjang gelombang, memungkinkan transmisi data sampai 7 Gbps dalam jarak pendek di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya, dengan konfigurasi multiple channel memungkinkan untuk beroperasi dalam ruang yang sama. Panjang gelombang pendek berarti propagasi pendek, kebanyakan beroperasi dalam ruangan.

IEEE memiliki task force 60 GHz (802.11ad) yang dipasangkan dengan kelompok sub-6 GHz 1 Gbps (802.11ac) sebagai bagian dari dua langkah yang terpisah ke depan untuk WLAN yang lebih cepat. Wi-Fi Alliance kemungkinan akan mensertifikasi karakteristik khusus dari 802.11ad untuk pita frekeuensi 60 GHz. Dan penelitian ini diharapkan selesai pada bulan Desember 2012.

Tapi dapat dilihat bahwa sangat mungkin adaptor wi-fi tunggal di masa depan akan menangani 2.4 GHz untuk kompatibilitas dan jangkauan, 5 GHz untuk kinerja dan mengurangi interferensi (juga di mana 802.11ac difokuskan), dan 60 GHz untuk transfer data jarak pendek super cepat. Setelah spesifikasi kelompok WiGig sekarang sejajar dengan masa depan 802.11, maka wireless akan memudahkan bagi produsen, pembuat sistem komputer, serta pengguna rumahan dan pengguna bisnis.

Sumber :

http://www.ieee802.org/11/Reports/tgad_update.htm, diakses pada 15 Mei 2011.

http://wifinetnews.com/archives/standards/80211ad/, diakses pada 15 Mei 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: