PENGALAMAN SEMINAR NASIONAL SISTEM INFORMASI INDONESIA (SESINDO) 2011


PENGALAMAN SEMINAR NASIONAL SISTEM INFORMASI INDONESIA (SESINDO) 2011

Sejak 2010, aku vakum tidak ikut acara seminar nasional. Dan hari ini kembali bisa hadir di forum ilmiah, pertemuan para akademisi, praktisi, pemerintah, dan mahasiswa dalam forum SEMINAR NASIONAL SISTEM INFORMASI INDONESIA (SESINDO) 2011, bertempat di hotel Empire Palace Surabaya.
Disana ketemu pak Eko Heri Susanto, teman kuliah S2 dulu di ITS. Kami ngobrol banyak, beliau datang bersama 6 mahasiswa… (wah… betapa semangatnya anak didik Bapak yang satu ini, senangnya punya mahasiswa seperti itu).
Acarapun sudah berlangsung sejak aku datang sekitar pukul 9.00. Setelah break ISHOMA, jam 12.30 masuk sesi persentasi. Paperku dan bu Soffi kena giliran pertama di Ruang panel C. Ya wes lah, kami jalankan, alhamdulillah lancar, sampai jam 14.30 sesi satu selesai. Habis coffee break, acara berlanjut. Tapi aku heran, 2 kali aku dibilangin panitia gak boleh pulang duluan, karena ada acara berikutnya, gak jelas alasannya. Dan ternyata….. di akhir acara, di pengumuman BEST PAPER SESINDO 2011, paperku sama bu Soffiana Agustin berjudul “Klasifikasi Jenis Mangga Gadung dan Curut Berdasarkan Tekstur Daun” menjadi (masuk nominasi) BEST PAPER SESINDO 2011 kedua, terpilih dari sekitar 60 paper yang masuk. ALHAMDULILLAH YA ALLAH…. aku bersyukur kepadamu. Aku benar-benar tidak menyangka bahwa paper kami menjadi best paper kedua. Ini sangat membanggakan, kenapa ? artinya kontribusi keilmuan dan penelitian dari paperku dan bu Soffi sangat besar dibanding sekitar 60 paper yang lain yang lolos seleksi (apalagi jika termasuk yang gak lolos seleksi ya ? wkwkwkkkk… soalnya ID paper ada sampai sekitar 140-an…xixixiiiii).
Penelitiannya diawali sekitar awal Agutus 2011 kemarin, setelah selesai penelitian langsung kami tulis hasilnya dan kami  submit ke website panitia, alhamdulillah diterima, setelah di review oleh reviewer akhirnya lolos… ALHAMDULILLAH… tapiiii….REVISI MAYOR… makkkkk… kerja keras dueh 3 hari.
Tapi apa yang harus saya dan bu Soffi kerjakan pada revisi memang pantas dan harus kami kerjakan, pasalnya banyak informasi kontribusi yang penting yang belum dimasukkan, seperti: alasan pemilihan fitur, perbandingan algoritma yang digunakan untuk klasifikasi, analisa pemecahan data terbaik, kejujuran kinerja sistem yang belum bagitu bagus, dan penggalian-penggalian saran untuk peneliti berikutnya… betul-betul memaksa aku dan bu Sofi untuk ekstra keras memperbaiki selama 3 hari, tanpa kenal lelah, alhamdulillah selesai.

Penelitiannya berjudul “KLASIFIKASI JENIS MANGGA GADUNG DAN CURUT BERDASARKAN TEKSTUR DAUN”, penulis pertama ibu Soffiana Agustin, penulis keduanya saya. Dan inilah softcopy papernya (MASIH ANGET LHO….. baru ngangkat dari oven tadi siang xixixiiii😀 …. ), silahkan didownload bagi yang berminat untuk melanjutkan dan mengembangkannya. Metode yang sudah sayadan bu Soffi  coba gunakan dalam paper ini meggunakan K-Nearest Neighbor (KNN) dan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Backpropagation.
Untuk dataset-nya belum saya upload di blog saya ini, jika filenya sudah siap, akan saya share disini, sehingga bisa dipakai kembali oleh siapapun yang berminat melanjutkannya.

Maju terus…. Teknologi Indonesia !!!

4 Responses to PENGALAMAN SEMINAR NASIONAL SISTEM INFORMASI INDONESIA (SESINDO) 2011

  1. arif says:

    Selamat Yaa Bp. Eko

  2. SaGa says:

    SIpz pak….selamat jadi best paper kedua, dan sukses terus penelitiannya…
    ditunggu share ilmu dari bapak di blog ini…..

    *salah satu mahasiswa pak Eko Heri Susanto yang kemaren ke Empire Palace

    • Eko Prasetyo says:

      Terima kasih Saga.
      Ya, semoga media blog ini bisa berguna untuk kita semua.
      Salam juga ya ke pak Eko Heri dan pak Hadiq. Beliau berdua adalah teman satu kelas saya dulu ketika masih kuliah S2 di ITS.

Leave a Reply

