TUGAS II (PEMBUATAN APLIKASI GAME)


TUGAS II

PEMBUATAN APLIKASI GAME

Tujuan: Mahasiswa dapat membuat aplikasi game.

Deskripsi:

  1. Buatlah koding Greenfoot untuk mengimplementasikan game dalam skenario yang diberikan.
  2. Laporan, berisi:
    1. Skenario koding (proses perintah program) yang dituliskan untuk mengimplementasikan game.
    2. Penjelasan fungsi-fungsi yang digunakan.
    3. Koding yang dibuat.
    4. Print screen ketika game dijalankan.
  3. Buatkan rekaman (video) ketika game dijalankan (format avi atau mpg)
  4. Siapkan file presentasi (ppt) untuk mempresentasikan tugas dikelas.
  5. Semua kelompok mengasistensikan game minimal 15% pada perkuliahan 12 April 2012.
  6. Presentasi dilaksanakan pada perkuliahan 19 April 2012 dan 10 Mei 2012 (sesuai giliran jadwal).
  7. Dikerjakan berkelompok, didemokan sesuai jadwal.
  8. Semua file tugas dikirim ke email.

Jadwal presentasi kelas A

Kelompok

Game

Jadwal

1

7

Kamis, 24 Mei 2012

2

3

Kamis, 24 Mei 2012

3

4

Kamis, 24 Mei 2012

4

1

Kamis, 24 Mei 2012

5

5

Kamis, 10 Mei 2012

6

9

Kamis, 10 Mei 2012

7

2

Kamis, 10 Mei 2012

8

 

9

 

10

10

Kamis, 10 Mei 2012

11

 

 

Jadwal presentasi kelas B

Kelompok

Game

Jadwal

1

6

Kamis, 24 Mei 2012

2

1

Kamis, 24 Mei 2012

3

4

Kamis, 24 Mei 2012

4

2

Kamis, 24 Mei 2012

5

10

Kamis, 10 Mei 2012

6

7

Kamis, 10 Mei 2012

7

3

Kamis, 10 Mei 2012

8

8

Kamis, 10 Mei 2012

9

 

 

Game 1: Pangeran menyelamatkan Putri

Skenario: Ada satu pangeran yang akan menyelamatkan seorang putrid yang ditawan oleh 3 penjahat. Penjahat pertama adalah naga, Penjahat kedua adalah mobil tank, Penjahat ketiga adalah prajurit. Pangeran harus melawan naga sebelum melawan mobil tank, setelah itu barulah melawan prajurit. Ketika 3 musuh sudah dimatikan maka pangeran dapat membawa putrid pulang.

  1. Naga dapat mengeluarkan api yang menyembur ke depan. Bergerak melingkari putri dan selalu mengeluarkan api secara terus menerus.
  2. Mobil tank mengeluarkan peluru. Peluru ditembakkan secara memutar terus menerus.
  3. Prajurit bisa bergerak bebas arah atas, bawah, kiri, dan kanan.
  4. Prajurit mengeluarkan anak panah kearah pangeran.
  5. Pangeran bisa bergerak arah atas, bawah, kiri, dan kanan dengan menekan tombol panah.
  6. Pangeran mempunyai tenaga sebesar 10 diawal, setiap kali kena senjata musuh, maka tenaganya berkurang 1, jika sudah habis maka pangeran mati.
  7. Pangeran dapat mengeluarkan peluru, jika peluru terkena senjata/api dari lawan maka senjata/api lawan akan hilang, jika terkena musuh maka skor bertambah 5.
  8. Ketika semua musuh sudah mati, maka pangeran dapat mengambil putrid untuk diselamatkan.
  9. Saat game awal dijalankan: naga ada 3, mobil tank ada 2, prajurit ada 5, tenaga pangeran ada 10, putri dalam kondisi tertawan ditengah-tengah semua musuh.

Game 2: Katak menyeberang sungai

Ada seekor katak akan menyeberang sungai. Di sungai ada balok-balok kayu yang mengambang disungai, dapat digunakan untuk melompat menyeberang sungai. Tetapi di sungai ada ular yang bergerak-gerak disungai.

  1. Posisi awal katak ada di tepi sungai.
  2. Katak hanya bisa melompat ke depan saja, menggunakan tombol huruf “a”.
  3. Katak dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan melompat, sekali lompat jarak tempuh 20 piksel (lompat seperti katak pada umumnya).
  4. Jika katak jatuh ke sungai maka mati. Jika terkena ular maka akan dmakan ular. Jika berhasil lompat ke lokasi yang lain (dalam satu kali lompat) maka skor bertambah 1.
  5. Jumlah katak yang tersedia ada 4. Setiap katak akan bergiliran menyeberang jika katak yang sebeumnya sudah berhasil melompat atau tercebur atau dimakan ular.

Game 3: Menembak meteor

Ada sebuah pesawat yang terbang diruang angkasa, didalam ruang angkasa ada banyak (minimal 15 meteor) yang bergerak-gerak secara acak didalam ruang angkasa.

  1. Meteor bergerak dengan kecepatan 10. Ukuran awal meteor 20×20.
  2. Pesawat bisa bergerak bebas arah atas, bawah, kiri, dan kanan dengan menekan tombol panah.
  3. Jika pesawat tertabrak meteor maka akan meledak, saat meledak mengelarkan tampilan pesawat yang terbakar (selama 5 satuan waktu).
  4. Pesawat dapat mengeluarkan peluru tembakan (ukuran lebar gambarnya paling besar 10 piksel). Ketika peluru mengenai meteor, maka meteor akan pecah menjadi dua dan ukurannya menjadi setengah dari sebelumnya. Ketika meteor yang pecah menjadi dua tersebut ukurannya sudah kurang dari 2×2 piksel, maka meteor tersebut hilang dari ruang angkasa.
  5. Setiap kali satu tembakan mengenai meteor maka skor bertambah 1.

Game 4: Snake

Ada sebuah ular yang dapat berjalan dengan cara melata. Ular mempunyai kepala dan badan yang panjang. Diatas tanah ada sejumlah cacing yang dapat dimakan setiap kali ular menyentuh cacing tersebut. Diatas tanah ada 3 kepiting yang bergerak sendiri secara acak.

  1. Ular bisa belok kiri, kanan, atau lurus dengan control keyboard (tombol panan ke kanan, ke kiri, dan keatas).
  2. Setiap kali ular mendapatkan cacing, maka panjang tubuhnya bertambah 10 pixel.
  3. Pergerakan ular seperti ular pada umumnya (sama seperti pada game Snake di ponsel).
  4. Setiap makan cacing, maka akan mengeluarkan suara “slurp”, dan skor bertambah 1.
  5. Jika ular tertabrak kepiting, maka mengeluarkan suaru “aarrrghh” kemudian hilang.

Game 5: Petani bercocok tanam

Seorang petani, mempunyai sawah padi selebar 100×100 piksel (berisi 100 padi). Dari jarak 200 piksel dari lokasi sawah, tersedia sebuah ember. Petani mengambil ember tersebut untuk menyiram sawahnya dengan air (asumsi ember sudah ada airnya). Selama disiram, sawah mempunyai umur yang akan bertambah selama disiram, ketika tidak disiram, dia masih dapat tumbuh selama 20 satuan waktu.

  1. Ketinggian padi awalnya 10 piksel.
  2. Selama usia tumbuhnya masih berlaku maka ukuran padi semakin tinggi 1.5x ukuran semula. Ketika tingginya sudah mencapai lebih dari 200 piksel maka akan mengeluarkan padi. Batang pohonnya sudah tidak bisa tumbuh semakin tinggi lagi.
  3. Jangkauan siraman air radius 10 piksel.
  4. Setiap kali ada bulir padi yang keluar dari sebuah batang padi, maka skor bertambah 1.

Game 6: Dodge-World-Record

Lihat video.

Game 7: Aplikasi kalkulator

Kalkulator dengan fasilitas penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Tersedia 10 tombol angka (0 sampai 9). Ada tombol sama dengan (=) untuk mendapatkan hasil. Ada tombol C untuk mereset kalkulator. Disediakan tampilan digital untuk angka yang diketik dan hasil perhitungannya.

Game 8: Menampilkan jam analog secara real time

Buatlah game yang menampilkan gambar jam analog secara real time (asli sesuai dengan waktu nyata). Jam analog ada 3 jarum penunjuk: jam,menit dan detik. Pergerakannya sesuai jam yang asli.

Game 9: Menampilkan jam digital secara real time

Buatlah game yang menampilkan gambar jam digital secara real time (asli sesuai dengan waktu nyata). Jam digital ada 3 penunjuk: jam,menit dan detik. Perubahan angka sesuai jam yang asli.

Game 10: Baby-Embulance

Lihat video.

Setelah skor bernilai 30, maka kecepatan turunnya bayi dan sapi menjadi 2x kecepatan semula.

Setelah skor bernilai 60, maka posisi mobil ambulance naik  setinggi 50 piksel.

Surabaya, 5 April 2012

Dosen Pengampu,

Eko Prasetyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: